krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

Catatan Tim FAJY Putri yang (Akhirnya) Juara 1 Kelas Putri dalam Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional (R6) Ciberang Open 2011

1 Comment

Sebuah cerita yang di-post ke web PLANTAGAMA tahun 2011 lalu, dan akhirnya tulisan ini hilang karena web tersebut underconstuction 😦
———————————————————————————————————————

the dashing gals

”End of our practice. With a significant changing, with a beautiful and fair game, we rise to the lectern and laugh together. I don’t think that we can do all of this better than before. That’s the point!! We breath together on bolt of our paddle, we walk on the same way, we think the same thing, although sometimes we’ve made some gales among us. This victory is really meaningful for me. And, with this story, I hope you know that I’m really, really love and proud of you. THANK YOU, GIRLS.. Best regards “, EIRIEL..

Dui Harjono, ini kali pertama namanya kami sebutkan di awal kalimat. Mengapa? Meski pun bukan karena alasan yang oke, tapi paling tidak, kami CUKUP menghargai keinginannya untuk menemani kami di kejuaraan arung jeram. Kamu! Yang paling sering bilang kami B-O-D-O-H, masih mau meluangkan waktu untuk memasak untuk kami. WOW! Kami bisa boker tiap hari dengan lancar berkat masakanmu. Ow iya, terima kasih juga atas informasimu yang salah. Berkat info itu, kita (lebih tepatnya, Lukvi, Greya, Lelly, dan Uul) harus lari terburu-buru menuju start. Justin dan Ariel? Ow, sudah terselematkan dengan mobil Brimob (itu juga karena kamu, Jon). Satu lagi! Di saat kami masih mampu untuk mendayung, menuju gate upstream, kamu dengan pedenya berteriak “LEWATI WAE!!!”. Jon, plis deh.. Manajer opo kui??? Sudah cukup sepertinya, hanya itu kontribusi yang bisa kamu berikan untuk kami.. Terima kasih, Jono.

Dhangku Putra, seorang lelaki yang paham akan wanita. Itu saja..

Lelly AFIDT (dengan dua nyawanya), Nurul Fitriani (tanpa kaca mata merahnya), Lukvi Raharasi (dengan tenaga yang masih sama besarnya), Greyanasari Rachmadi (dengan dayung yang sering kompulsif), Titin Marlina a.k.a BISPAK (dengan bokong yang terus bergeser-geser diats perahu), Justin Larissa (yang udah berkurang autism-nya), dan Martina Ariel (yang tetap semangast.. hah?! Sedikit wagu untuk komentar ini). Terima kasih, berkat kita, arum jerang Yogya bisa punya banyak fans di Jawa Barat. Ngak-ngaaak-ngaakkkk..

Mas Rosyid, tanpa perahu, transportasi, basecamp, makanan, dan kemurahan hatinya, kami pasti tidak bisa latihan untuk Ciberang Open 2011.

Pak Yudi Hermanu, Mas Cahyo Alkantana, A. Dwi Sukmatriana, Anwar Susanto, Andri Samad Rambe, dan Mbak Nurberta Suyati, terima kasih! Tau lah ya kenapa kita berterima kasih?!

Kang Wawan, dan Bolang. Terima kasih untuk tumpangan, makanan, tawa, dan latihan yang diberikan untuk kami selama di Ciberang..

“MAIN CANTIK YA…”
Sebuah motto sederhana yang kami bawa menuju Sungai Ciberang. Maret, tepatnya tanggal 25-27 lalu, kami, tim putri FAJY yang turut berpartisipasi dalam Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional (R6) Ciberang Open 2011. Alasan utama mengapa tim kami ikut adalah untuk mengurangi kekecewaan karena diundurnya Kejuaraan Nasional di Manado, Sulawesi Utara 2011. Yah, meski pun kami tahu bahwa Ciberang bukanlah sungai yang asyik untuk bagi kami.

Mengapa? Ini alasannya……

Sungai Ciberang adalah sebuah sungai yang berada di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dan berhulu di Taman Nasional Gunung Halimun yang sampai saat ini cukup terjaga kelestariannya, sehingga bisa digunakan untuk arung jeram sepanjang tahun, baik kemarau maupun musim hujan. Sungai Ciberang memiliki penampang yang tidak terlalu lebar dan berBATU SANGAAAAAAT banyak (ini mengapa Ciberang kurang asyik bagi kami), sehingga dibutuhkan manuver dan respon yang cepat.

Kejuaraan ini diikuti oleh 15 peserta (termasuk 3 tim putri) yang terdiri dari Tim Umum, Organisasi Pecinta Alam serta Brimob. Dalam klasifikasi umum (jika digabungkan peringkatnya berdasarkan catatan waktu), Tim FAJY Putri mampu mengalahkan beberapa tim putra (termasuk Brimob) dan mengalahkan semua tim putri serta berada di peringkat 7 (lumayanlah). Tim Putri yang mengikuti kejuaraan ini selain kami adalah Tim Putri Ganesha ITB, dan Tim Putri FAJI Kota Tangerang.

Untuk kelas Putra, juara I diraih oleh Tim Lodaya Kapinis Jabar ( alias Bolang, yang notebene adalah anak-anak berumur 15-17th), dan disusul oleh pesaing ketatnya, tim tuan rumah, Banten Rafting Ciberang (alias Borang, yang juga masih bocah) yang meraih peringkat II, Sedangkan peringkat III diraih oleh Gagak Lumayung FKPPI.

Kata Kang Wawan, dalam setiap pertandingan arung jeram ada tiga faktor yang memengaruhi kinerja tim, yaitu OON = Otak, Otot, Nasib. Menurut kami, pada kejuaraan kali ini faktor otak lah yang paling berpengaruh. Karakteristik sungai yang berbatu, mengharuskan kami untuk memiliki respon yang cepat dan melakukan berbagai maneuver serta berpikir bagaimana menyiasati karakteristik sungai tersebut..

Tips penting yang patut dicoba di sungai berbatu SANGAAATT banyak : kempeskan badan perahu (dinding, toward dan floor). Dengan begitu, laju perahu tidak tertahan terlalu lama pada batu. Dan usahakan, latihan yang cukup untuk bisa bermanuver ria. Sebenarnya, tim lain tidak menggunakan tips ini sih. Tapi alhasil, kita tersugesti bahwa perahu tidak akan nge-wrap ketika badan perahu kempes. Alhasil lagi, kita menang!!! Hahahahaaa.. Itu hipotesis yang sudah kita uji. Jadi, percayalah!!

Nasib!! Hanya Tuhan yang tahu. Kami juga tidak tahu, hari di mana kami lomba, debit air stabil (TMA 40), padahal, tim putra yang turun setelah kami, mendapat debit dengan TMA 50-70. Thanx, God!

Otot!! No Comment.. Meski pun kami sudah latihan nge-gym 1 bulan lamanya, tampaknya otot lelaki-lelaki itu jauh lebih matang.

Sekali lagi, inilah kami, Tim FAJY Putri :
Martina Ariel (Setrajana)
Justin Larissa (Palapsi)
Lukvi Raharasi (Plantagama)
Greyanasari R. (Majestic-55)
Nurul Fitirani (Satu Bumi)
Lelly AFIDT (Madawirna)
Titin Marlina (Mapeal)
Manajer tercintah: Dui Harjono (Palafne), Asisten Manajer : Dhangku Putra (Majestic -55)
Pelatih : Sungai Elo, Mas Rosyid (Mendut Rafting), Kotek (Mendut Rafting), sedikit polesan Kang Wawan (KAPINIS)

related photos :
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1055339776863.2010791.1026870338&type=3

Author: LR

mari bereksperimen dengan remahan kata

One thought on “Catatan Tim FAJY Putri yang (Akhirnya) Juara 1 Kelas Putri dalam Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional (R6) Ciberang Open 2011

  1. Personal Injury Lawyer Philadelphia Pleasant a person, there exists actually some terrific details on this article a few of my subscribers may possibly discover this convenient, will send out them a url, quite a few thank you.Personal Injury Lawyer Philadelphia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s