krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

Guru, digugu dan ditiru

Leave a comment

Guru, digugu dan ditiru.
Kalimat itu ternyata benar adanya. Dan saya alami di sini. Salah satunya melalui anak muridku. Awal saya disini, saya pernah bertanya pada anak-anak apa cita-cita kalian, mereka menjawab tergagap. Bahkan ada yang tidak tahu, mau jadi apa nantinya. Dan kebanyakan dari mereka menjawab menjadi Guru atau pegawai (maksudnya adalah PNS). Yah, pekerjaan-pekerjaan itulah yang mereka lihat sehari-harinya, sehingga pandangan mereka masih sebatas itu juga. Saya pun menceritakan banyak sekali pekerjaan ataupun hal menarik disana. Saya juga menceritakan cita-cita saya untuk berkeliling dunia. Hahhahaa. Lalu ketika saya memberi mereka tugas mengarang mengenai mimpi dan cita-cita ada 2 anak muridku yang berekeinginan sama denganku, mengelilingi dunia. Salah satunya adalah Uceng. Begini isinya :

20130707-100040 PM.jpg
“Saya bercita-cita seperti ibu Lukvi yang mengelilingi dunia dan saya juga bermimpi membangun rumah yang besar dan saya berdoa semoga cita-cita saya tercapai dan mimpi saya tercapai. Saya juga akan belajar terus supaya pintar seperti ibu Lukvi. Dan hobi saya bermain sepeda dan bermain bola dan juga bermain bulutangkis. Kalau sesudah semua tercapai saya akan membahagiakan orang tuaku dan juga mengajak saudaraku datang ke rumahku. Kalau saya sudah beristri baru saudaraku kuajak ke rumahku. Dan juga kalau sudah aku membangun rumah yang besar”

Sayapun akhirnya menyadari bahwa, apa yang guru ucapkan, apa yang guru lakukan diamati oleh mereka. Terekam dalam ingatan. Dan terkadang ditiru oleh mereka. Yah, itulah salah satu kehormatan seorang guru.
Digugu dan ditiru.
Semoga apa yang tertanam dalam diri anak-anak adalah segala hal tentang kebaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s