krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

Mendaftar Passport Online itu Harus Selo

3 Comments

Saya sudah lama mendengar mengenai daftar passport online, namun karena belum ada kebutuhan buat renew passport, maka saya tidak banyak mencari tahu. Hingga awal november ini saya harus renew passort karena passport saya akan expired kurang dari 5 bulan. Dan saya akan berpergian di akhir November. Berangkat minggu ke-3 November dan harus mengurus visa, tentu saja saya panik tingkat dewa. Jangan ditanya dulu saya kemana, saya juga bingung, saya mau ke sebelah saja harus pakai visa. Yaudalah, saya ikut saja dengan yang punya acara.

Passport lama saya dibuat di Madiun, dan sekarang saya di Jakarta. Jadi saya harus renew di Jakarta. Well, saya sudah tanya ke beberapa teman yang bikin passport di Jakarta, kesimpulannya adalah harus datang 3x (daftar, kumpul berkas + foto, ambil passport), datang dini hari karena antrinya bakal panjang. Tidak seperti di Madiun, cukup datang 2x dan tidak perlu antri panjang.

Oke, kemudian mulai mencari info tentang daftar online di web imigrasi. Setalah browsing sana sini, kesimpulannya kalau daftar online maka prosesnya lebih cepat, karena hanya perlu datang ke kantor imigrasi 2x saja. Untuk foto dan ambil passport. Proses daftar nya tidak perlu ke kantor. Okelah, saya pikir ini lebih baik, daripada saya harus 3x berturut-turut cuti 1/2 hari. Kan sayang.

Saya mulai daftar. Well, first impression saya ketika membuka web imigrasi adalah jadul, dan kurang ok. Yaudahlahya, lalu lanjut ke halaman registrasi. Di sini saya gondok, ini web loadingnya lama, dan saya 3x gagal daftar online karena tiba-tiba servernya tidak merespon. Hiks. Sayapun menyerah.

Besok nya saya mulai coba registrasi lagi, karena sudah lelah 3x mencoba, saya kali itu mengisinya tidak lengkap. Hanya isian wajib (bertanda bintang) saja yang saya isi. Dan ternyata berhasil. Kesimpulannya adalah, berilah data seperlunya saja di web imigrasi, karena kalau terlalu lengkap mengisi, nanti jadi kelamaan dan tentu saja webnya error. Masalah klasik khas pemerintahan tentang web.

Selama berkali-kali mencoba daftar online web, saya menyadari bahwa UX (User Experience) web imigrasi buruk.

Ketika halaman pendaftaran mulai dibuka di situ kita harus mengisi pilihan Kanim (kantor imigrasi) dimana akan melakukan proses selanjutnya, tapi tidak bisa melihat tanggal yang available. Okelah, saya ikuti saja flownya bagaimana. Saya memilih kanim Jakarta Barat, karena dekat dengan kosan. Setelah selesai bayar, kita punya waktu 5 hari untuk melakukan pembayaran ke bank terdekat dan melakukan konfirmasi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah metode bayarnya yang saya ingat ada 2, yaitu via BNI atau simponi. Jangan tanya apa itu simponi, saya juga tidak tahu banyak, yang saya tahu adalah metode itu bisa melakukan pembayaran via bank BCA. Kalau via BNI tentu saja ke bank BNI. Oiya, satu hal lagi mengenai pembayaran, ternyata tidak bisa melakukan pembayaran via online (credit cart, internet banking, sms banking, bahkan atm). Ini saya rasa sistem online nanggung.

Setelah melakukan pembayaran, sayapun segera melakukan konfirmasi. Di sini saya mulai jengkel. Saya daftar online dan melakukan pembayaran tanggal 2 November, tapi dapat jadwal foto dan tahap selanjutnya paling cepat tanggal 17 November. Dan di webnya tidak bisa ganti Kanim untuk memperoleh alternative tanggal lain. Sementara tanggal yang lain sudah diblock, tidak bisa dipilih. Ughhhh !!

Saya merasa terjebak dong. Ketika mengisi form registrasi wajib pilih kanim, dan baru bisa liat available tanggal setelah bayar. Dan tidak bisa ganti Kanim. Inikan semacam jebakan. Apa-apaan. Sementara saya harus terbang tanggal 19 November.

Sayapun segera menelpon Kanim Jakbar, apakah mungkin melakukan pergantian jadwal, pergantian kanim atau setidaknya pengembalian uang dan saya melakukan daftar manual. Gak pake online. Dan tentu saja katanya tidak bisa. Hahahaa, kemudian saya diarahkan untuk kirim email ke pihak imigrasi.

Sayapun mengirim email ke pihak imigrasi, awalnya saya sudah pasrah, tidak berekspektasi dibalas, kenapa? karena saya menelpon kantor imigrasi pusat yang nomornya tertera di web saja gagal terus, tiba-tiba sambungan dari sananya mati. Ini apa-apaan sih. Azzzz.

Email saya ke pihak imigrasi

Email saya ke pihak imigrasi

Dan ternyata dibalas saudara-saudara, yeaaaay. Saat itu saya merasa, wooww, mereka baik yaa dan berterima kasih dengan yang membalas. Tapi balasanny saat itu, tidak sesuai harapan, mereka tidak memberikan solusi apa-apa selain saya harus merelakan uang pembayaran. Sedih.

Mendengar info tersebut, saya pun mulai marah ke pihak imigrasi, dan mungkin saya sedikit menyinggung mereka dengan balasan email saya (maaf ya mas2 atau mbak2 imigrasi, saya emosi saat itu). Dan untungnya setelah itu mereka berbaik hati mau membantu saya untuk merubah jadwal. Karena merubah kanim dan retur uang tidak bisa. Akhirnya jadwal saya bisa dimajukan 9 hari lebih awal, yeay. Terima kasih 🙂

Maaf ya ma/mbak :(

Maaf ya mas/mbak 😦

 

Ini saya emosi dan agak sotoy

Ini saya emosi dan agak sotoy

Akhirnya, setelah saya emosi dan ngotot, selesai juga proses pendaftaran. Semoga selanjutnya lancar.

Maaf kalau curhatannya panjang dan mungkin saya terlalu berlebihan menanggapi kejadian ini. Saya hanya berharap tidak ada lagi kejadian seperti yang saya alami, sangat disayangkan kalau system yang sudah dibuat akhirnya malah merugikan karena ketidaktahuan penggunanya. Semoga kedepannya sama-sama menjadi lebih baik lagi.

Pesan moralnya adalah,

  1. Renew / perpanjang passport online dengan memilih kanim Jakarta Barat pastikan saat itu selo, punya waktu banyak sebelum keberangkatan, h-30 hari itu sudah mepet untuk kanim Jakarta Barat.
  2. Kanim Jakarta Barat adalah kanim yang ramai
  3. Dalam keadaan terdesak, ngotot (baca berjuang terus) sepertinya perlu, hahahaa.

 

3 thoughts on “Mendaftar Passport Online itu Harus Selo

  1. Terima kasih info yang sangat membantu

  2. Terimakasih sharingnya mbak. Informatif bagi yg mau membuat passport.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s