krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

Peer Pressure

Leave a comment

20 November kemarin akhirnya saya berangkat ke Malaysia, setelah drama passport, visa dan segala printilannya. Saya ke Malaysia dalam rangka mewakili Timba di ASEAN Next Great Idea 2016 yang disponsori oleh MAGIC, Digi dan Uber. Intinya saya ikutan ideation lab selama 2 minggu. Pesertanya ada 20 orang, dari ASEAN, mostly dari Malaysia. Saharusnya ada 1 orang lagi yang mewakili Indonesia, tapi karena satu dan lain hal tidak berangkat.

Ideation lab itu semacam kuliah buat para alfa startup. Dalam dua minggu kelasnya hanya 5 hari dan hari ke-6 itu presentasi di depan 3 judges. Well, meski hanya 5 hari efektif dalam 14 hari namun sangat padat. Kelas start from 9am waktu setempat sampai jam 5, namun karena tugas se-abreg kadang sampai jam 6-7pm.

Saya harus belajar 2 kali lipat dibanding yang lain. Kenapa? orang-orang Malaysia sudah terbiasa bahasa Inggris dari sekolah dasar. Sementara saya Inggris pasif, yang lebih mudah mencerna bentuk tulisan daripada lisan. Entah kenapa kalau yang berbicara orang Malaysia asli saya agak kurang paham. Di kelas itu ada 1 kelas yang saya sukai, yang mengisi entah saya lupa orang darimana, sepertinya bukan orang Malaysia. Kenapa saya suka? saya ngerti setiap kata yang dia gunakan. hahahhaa. Materinya mengenai salah satu sponsor.

Karena bahasa Inggris pas-pasan maka saya merasa beruntung, mungkin memang sudah direncanakan-Nya, duduk bersebelahan dengan teman baru yang bahasa Inggrisnya jago. Doi juga rajin mencatat setiap materi dari Bikesh, mentor kami, dengan Macbooknya. Namanya Connie. saya rasa dia punya kecepatan super dalam mengetik, sambil mendengarkan Bikesh berbicara. Sangat multitasking. hahhaaa. Alih-alih mendengarkan apa kata mentor, saya lebih suka melihat catatan dia, supaya lebih ngerti. Untungnya dia sangat berbaik hati mengijinkan saya buat membaca apa yang dia tulis di Macnya. Mau minta filenya takut ditoyor. Ntar dia pikir saya banyak mau, padahal mau banget. Hehhehee

Very exhausting selama 2 minggu di sana. Selain karena keterbatasan bahasa, seluruh peserta nya sangat serius dengan projectnya. Bukannya saya tidak serius dengan Timba, tapi gimana ya, ya gitu deh, intinya mereka serius banget. Setiap sehabis kelas mereka sangat serius mengerjakan tugasnya, or diskusi mengenai project masing-masing. Well, mungkin saya emang sudah terlalu malas buat hal seperti itu (hal2 yang seperti di kuliah itu :p).

Hari pertama sehabis kelas, jam 5 saya keluar dari kelas lalu balik ke kamar dan tidur. Satu jam kemudian saya menuju Cafe Hotel karena lapar untuk beli makan malam, dan saya bertemu dengan peserta lain yang masih mengerjakan tugas. Well, they are really serious. Lalu ada yang menyapa sambil bertanya, kurang lebih semacam “Sudah selesai ngerjain tugas?” Dan saya cuman nyengir, jawab “Belum, tadi tidur sebentar”. Bahahaa. Yes, they are really intimidating.

Aslinya saya nothing to lose mode on ikut acara itu, tapi peer pressure-nya itu lho, bikin ikutan tegang. Mikirnya, at least gak malu-maluin lah. Hahahhaaa. Adanya pressure dari peserta yang lain, mau g mau harus ngerjain tugas. Meski kadang suka ngasal. SAYA BANGUN JAM 4 PAGI !!! demi ngerjain tugas. Rekor vroh, terakhir bangun pagi-pagi buat ngerjain tugas ya pas SMA. Kok ga malemnya? entah kenapa di sana saya terlalu lelah buat ngerjain tugas malam hari, selesai kelas lebih banyak buka sosmed, liat gosip, lalu ketiduran. Hahhahaa

Memang bener, lingkungan itu ikut andil dalam apa yang kita lakukan, fiuuhh. Eh, atau saya emang gampang ter-influence? hahhaaaa

Eh eh eh, ternyata g semuanya seserius itu.
Namanya Weiwei, she is really cute. Sangat expresif dan lucu. I like her. heheheee

Foto bareng Weiwei

Bareng Weiwei

Author: LR

mari bereksperimen dengan remahan kata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s