krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

Tentang Perang Indonesia Melawan Belanda

2 Comments

Suatu hari datanglah Belanda hendak menjajah. Saat itu Indonesia memakai bambu runcing, sedangkan Belanda memakai pistol. Senjata bambu runcing Indonesia diambil dari dekat rumahku. Kami terus menerus menyerang Belanda. Pakaian kami merah putih. Kami terus berperang.

Lama kelamaan kami memakai senjata pistol dan bom. Ada teman saya bernama Sangkuriang, ia memasang bendera merah putih untuk berjuang demi Indonesia. Bendera itu sempat naik, lalu dia lari kembali ke tempat kami.

Teman kami ada yang mati, Belanda juga banyak yang mati. Kamipun memasang bom meriam. Ketika Belanda lewat, bom itu meledak. Pasukan Belanda mati pada tahun itu, 1944 bulan 12. Saya menembak Belanda dengan senjata. Saya dan teman saya mencari Presiden Belanda akan tetapi kami tidak melihatnya. Kamipun rapat sumpah pemuda di dalam Gereja.

Pemuda-pemuda berpikir untuk menyatukan bahasa, karena waktu itu ada yang bahasa Mandar dan ada yang berbahasa Jawa. Tak lama kemudian para pemuda berhasil dan bahasa itu adalah bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

Kamipun melanjutkan berperang. Pada tahun 1945 tanggal 29 Juli kami terus menyerang. Presiden kami lari ke Sulawesi Selatan. Lama kelamaan banyak Belanda yang mati dan pada tanggal 17 Agustus 1945 kami merdeka karena Presiden Belanda mati.

Buttutala, 29 November 2013

Cerita oleh : Rudi Sumaila
Siswa Kelas V SDN 33 Buttutala
Kec. Malunda, Kab. Majene

——–

Cerita di atas tidak sengaja saya temukan di email saya ketika flashback dan mencari foto dalam rangka Hari Pendidikan Nasional kemarin.

Tarik ke belakang. Sewaktu saya menjadi guru abal-abal di dusun, saya membiasakan anak murid saya untuk menulis. Mulai menulis diary rutin mengenai apa saja yang mau mereka tulis. Apapun.

Aktifitas ini saya buat dengan tujuan mereka terbiasa bercerita. Mengingat saya mengalami kesulitan dalam bercerita. I dont want it happen to them.

Namanya Rudi, cita-citanya ingin jadi tentara. Rudi jago matematika dan salah satu yang sedikit bicara banyak berkelahi, haahahaaa. Surprisingly, saya tidak mengira dia bisa menulis cerita dengan baik.

Cerita di atas menurut saya luar biasa. Di situ Rudi bercerita dengan cukup detail mulai dari penggunaan tanggal, pemilihan tempat dan beberapa detail lain. Selain itu, saya rasa Rudi juga sudah mulai mengerti bahwa di Indonesia ada selain Muslim dan Mandar. Usaha saya selama sebelas bulan untuk mengenalkan Bhinneka Tunggal Ika sepertinya tidak sia-sia. Ya, anak-anak ternyata merekam apa yang saya lakukan dan ceritakan.

Pada bagian ini : karena waktu itu ada yang bahasa Mandar dan ada yang berbahasa Jawa -> saya sempat berpikir, kenapa Jawa ? mereka tidak akrab dengan Jawa, mereka lebih akrab dengan Kalimantan. Mungkin, karena dia ingat betul bahwa saya dari Jawa. Hahahhaaa

Kamipun rapat sumpah pemuda di dalam Gereja -> Saya juga bertanya-tanya, kok bisa kepikiran untuk memilih Gereja? Mungkin, itu karena beberapa bulan terkahir selalu bercerita bahwa di Indonesia ada selain Muslim, dan saat itu saya sedang berusaha menghapus pemahaman mereka yang menyatakan bahwa orang Kristen itu jahat. Sekaligus mempersiapkan mereka untuk berjumpa dengan guru mereka yang baru, seorang Katolik (mungkin seharusnya saya ceritakan kenapa saya memilih penerus saya seorang non-muslim) 🙂

Bahasa itu adalah bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia -> sepertinya dia masih ingat pelajaran tentang sejarah Sumpah Pemuda. Hahahaaa.

Screen Shot 2017-05-13 at 8.49.58 PM

Ipank, Rasdi dan Rudi

2 thoughts on “Tentang Perang Indonesia Melawan Belanda

  1. Akhirnya kisanak ngepost jugak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s