Membuat Foto Prewed Sendiri

Akhirnya setelah tujuh bulan mengarungi kehidupan berumah tangga (cieee), terkumpul juga mood untuk nulis. Hahha dan kali ini saya akan nulis tentang foto prewed yang kami buat sendiri.

Salah satu printilan yang bikin rempong dalam rangka mempersiapkan pernikahan adalah foto prewed. Well, g wajib sih, cuman sering menjadi salah satu item yang harus dicentang di-to-do-list-persiapan-nikah. Terutama  buat cewe. Tanya kenapa??? Sayapun tak tahu. Hahahhaha.

Kalau ditanya, kenapa dulu pake foto prewed?? Alasannya simple, KITA GAK PUNYA FOTO BARENG BERDUA YANG PROPER. Jadi pengen punya aja !!! hahahaha. Jawabannya bikin kezel ya. Unfaedah.

Kalau kalian googling, dengan keywords tips membuat foto prewed sendiri atau tips foto prewed murah maka akan muncul tips yang menyebutkan untuk “Manfaatkan Foto-Foto Lama”. What ??? foto lama?? lha wong proses kenalan dan resmi pacaran relative singkat. Habis itu ditanting, persiapan nikah 2 bulan saja kak. Mau pake foto jaman bayi apa? yang di-scan dulu terus digabungin?? plisss, nyarinya aja uda effort.

Nah, kalau pakai jasa photographer yang beneran, minimal budget 5juta kak. Itupun belum ongkos makan siang kang fotonya. Fiuhh, mayan uga.

Maka, supaya dapat diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja kami memutuskan untuk foto sendiri.

Modal foto prewed sendiri 

  1. Kamera, kalau g punya bisa sewa atau pinjam. Saat itu saya pakai kamera Sony a6000 punya AR (sebut saja demikian, yang sekarang sudah jadi suami). Dan pastikan file nya dalam format RAW. Jadi ketika diedit masih sangat oke.
  2. Tripod, punya AR juga. Beli di Tokopedia 500rb.  Hohohooo
  3. Aplikasi PlayMemories, tentu saja di hp AR juga. Wkwkwkwk. Kapasitas HP saya tidak mampu buat download apps lagi. Hiks
  4. Lightroom
  5. Photoshop (kemampuan saya pas-pasan mengenai editing foto tapi saya tetep bangga dengan hasil sendiri, huahahahaaa)
  6. Lipstik, bedak, eyeshadow, maskara, jepit rambut dan sisir
  7. Kostum, ada 2 baju yang kami pakai. Nanti akan saya bahas sekalian share fotonya
  8. Kursi pinjaman
  9. Tembok kantor dan tembok kosan
  10. Daaann, tentu saja, calon pengantinnya laaah. Masa iya pake mukanya Galgadot
  11. Dilakukan siang hari ketika cahaya matahari sedang cantik-cantiknya

See, buat saya beberapa item di atas dan segala kerempongannya itu jauh lebih murah daripada harus sewa jasa fotografer prewed. Tapi kalau kalian punya budget untuk itu, silahkan.

Konsep foto prewed

Well, kita g punya konsep foto yang gimana-gimana ya. Casual dan simple. Bisa dibilang konsepnya tidak matang. Bermodal contekan gambar di pinterest yang saya kumpulkan setiap malam sebelum tidur.  Jangan ditiru ya, sebaiknya punya konsep sebelum take foto.

 Trust me, pinterest help you a lot untuk urusan inspirasi gambar.

Hasilnya 

Here we go …. 

Ini foto sesi pertama kita bikin, lokasi di kosan AR dan memakai baju yang senada (hitam putih)

 

Dan ini after before, edited by photoshop.

 

Di percobaan foto pertama, ada sekitar 100 foto dan akhirnya yang kepake cuman 3 biji sodara sodara !! hahahhaa. Setidaknya ada yang bisa dipake, meski ngeditnya mayan uga.

Foto sesi ke-dua dilakukan sembari menyiapkan foto untuk buku nikah. Gils, double iritnya. Kita sepakat pakai baju putih. Dan kebetulan tembok kantor saya baru saja dicat biru. Pas banget untuk background foto buku nikah. Cucok !!

 

Untuk pas foto buku nikah itu, berhubung saya tidak punya kemeja putih, maka saya pinjam baju AR. Jadinya kami memakai baju yang sama. Hahahhaaa.

Foto syut ke 2 ini bisa dibilang relatif berhasil, karena dari ratusan foto ada puluhan yang oke. Meski akhirnya hanya beberapa yang dipake. Dan sisanya dibuat kolase lucu uga.

 

 

Oiyaa, foto2 di atas itu terinspirasi dari pinterest (dan juga belum diedit). Dengan peralatan seadanya. Contohnya, buku yang entah punya siapa yang ada di kantor. Koran g kepake serta balon sisa bridal shower punya teman. Hahahahaha.

Ekspektasi vs Realita

 

Daaaan, foto syut terakhir ini lebih terkonsep dan lebih niat. Sebelumnya, saya sudah pesan kostum baju lurik dari salah satu teman melalui tokonya, Yo Batik. Murah, sepasang sarimbit lurik cuman 190K saja dan juga made by order. Size nya bisa request. Untuk jariknya, batik-klasik-tulis-asli punya ibuk dong yang semalaman saya wiru sendiri. Batik motif wahyu tumurun (yang saya pakai hingga akad) dan juga motif tambal sulam yang dipakai AR.

Oiya, selama pengambilan foto ini, tentu saja diliatin orang, lha wong diambil di tempat parkir kosan AR. Hhahahaa. Bodo amaaattt !!

Beberapa foto favorite yang sudah diedit sendiri.

 

Well, tentu saja masih banyak kekurangan. Bocor dimana-mana. Contohnya ada hp nyempil, ikutan nongol. Biar aja. yang penting saya happy. Punya foto yang proper dan hemat pake banget !!! Huahahaha.

Salah satu keuntungan foto prewed sendiri adalah, kamu bisa take foto sebanyak apapun tanpa rasa gak enak atau malu-malu. Misal rambut kurang oke, ya rapikan lalu take lagi. Atau senyum kurang lebar 1 cm. Okay, take lagi dan berikan senyum terbaikmu. Cekrek !!

Terus fotonya dipake atau g? dipake kok. Cuman ya gitu. Maksud hati cetak gede, apa daya waktu mepet dan riweuh jadinya cuman sempet cetak 4R sebanyak 10 buah dan dipajang dipojokan tempat resepsi. Selain itu dipake buat konten web undangan dong.

Sekali lagi, foto prewed itu penting g penting. Tergantung kalian. Sila dihitung dengan budget, waktu serta pertimbangan lainnya. Semoga bermanfaaat. Hohohohooo


Ps. 
Buat yang butuh jasa pembuatan web nikah dan juga foto prewed casual, bisa kontak saya. Kontak aja, ntar ngobrol ujungnya, gak gimana-gimana. Huahahhaa #bukanpromosi

10 thoughts on “Membuat Foto Prewed Sendiri”

  1. Betul, kita bisa bikin foto prewed sendiri asal kreatif dan modal kamera juga ada. Kapanan saya juga diminta foto prewed temen kantor, dadakan, saya cuma bawa properti pribadi seadanya karena kan saya nggak kerja di bidang ini hihihi. Salah satu fotonya ya foto muka ketutup buku itu *tunjuk2*

    1. Iya mb, hahahhaa. Kamera juga bisa pinjem temen atau rental kamera ada skrg mb, sehari 100rb apa ya, tergantung jenis kameranya.

      Terus banyak contekan di Pinterest. Lumayan, hemat biaya, hihihiiiii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *